Hasil wawancara


Iklan merupakan sarana pemasaran produk barang atau jasa yang harus tampil menarik dan mengajak. “Agar konsumen tertarik dalam membeli produk, penyampaian pesan iklan harus menonjolkan benefit serta USP dari produk. Bisa juga dengan membuat campaign event, promo melalui iklan media massa USP (Unique Selling Position)” ujar Siti Fatimah mahasiswa Periklanan semester tiga di PoliMedia. 
 
Iklan yang kreatif  dikelola dari ide awal yang unik dan mampu memberikan solusi terhadap masalah komunikasi yang sesuai dengan target pasar. Menurut Siti Fatimah, “Cara menciptakan produk yang kreatif mungkin dengan melihat peluang pasar, kebutuhan konsumen, lalu menciptakan produk dan tren yang baru.” Hal ini berarti strategi kreatif iklan sangat menentukan kesuksesan iklan dalam merebut perhatian pasar semaksimal mungkin di antara iklan yang diterima masyarakat setiap hari.

Dalam pembuatan iklan dibutuhkan kerja sama antar tim. Banyak pihak terlibat dalam Advertising Agency, yaitu divisi kreatif. Ada creative director yang bertugas merancang dan memberi arahan iklan. Seorang creative director umumnya memiliki tim yang terdiri dari visualier, typographer, dan copywriter. Visualier bertugas menerjemahkan gagasan copywriter dalam bentuk visual. Seorang typographer bertugas menentukan jenis dan bentuk huruf. Sedangkan copywriter bertugas membuat kalimat iklan yang menarik  dan mengubah kalimat penjulan menjadi gagasan penjualan yang persuasif. 
Dalam periklanan, media divisi terdiri dari media planner yang dituntut mempunyai pengetahuan mendalam tentang cakupan dan bobot berbagai media yang ada,  baik media cetak maupun media elektronik. Media planner bertugas membuat perencanaan budget media buyer. Media buyer harus mempunyai hubungan baik dengan berbagai media yang akan menggunakan jasa mereka. Client service terdiri dari account service, account excecutive, dan account director yang  bertugas mengatur klien.
Penentuan tentang berapa budget iklan, sebenarnya sudah diputuskan pada saat pembayaran marketing plan. Ada beberapa metode budgeting, yaitu metode persentase dari hasil penjualan, metode keseimbangan persaingan, dan metode kemampuan perusahaan. “Dibutuhkan promosi terhadap produk baru untuk mengenalkan produk baru ke konsumen dengan menanamkan brand awareness, brand identity, dan brand positioning dari brand tersebut.” kata Siti Fatimah. 

Komunikasi pemasaran melalui kegiatan promosi periklanan merupakan salah satu strategi dalam memperkenalkan produk yang akan dipasarkan. “Strategi pemasaran dibutuhkan untuk membantu meningkatkan penjualan dan mendapatkan profit serta menjadi market leader.” ujar Siti Fatimah.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar